Jokowi : Aman, Tak Akan Rugi Gunakan Dana Haji Untuk Infrastruktur

LIPUTPOLITIK - Hasrat pemerintah menginvestasikan dana haji untuk infrastruktur semakin kencang. Sampai-sampai, Presiden Jokowi menjamin tak ada istilah rugi jika menggunakan dana abadi umat yang menembus Rp 93 triliun itu.

"Taruh (investasikan) saja misalnya di pembangunan jalan tol, aman enggak akan rugi, yang namanya jalan tol enggak akan rugi, enggak akan hilang," kata Jokowi dalam acara Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Penggunaan dana haji untuk infrastruktur sepertinya tinggal menunggu waktu saja. Pasalnya, Jokowi telah melantik Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/7) lalu. Salah satu tugas badan tersebut, untuk mengelola dana haji yang ditaksir melebih angka Rp90 triliun.

Nah kemarin, ketika memimpin acara KNKS di Istana Negara, Jakarta, kemarin, Jokowi kembali mengutarakan niatnya mengelola dana haji. Selain menjamin tidak akan merugi jika dialokasikan untuk investasi pembangunan jalan tol, Jokowi bilang, dana pembangunan dari pemerintah terbatas.

"Rp 93 triliun yang ini kalau dimanfaatkan dengan baik, ditaruh di tempat-tempat yang memberikan keuntungan yang besar, juga akan mempercepat pembangunan negara kita," jelasnya.

Jokowi menilik Malaysia, negeri Jiran itu sudah menginvestasikan dana haji sejak tahun 1969 melalui Lembaga Tabung Haji (TH). TH, menghimpun dana haji sebesar Rp 19,8 triliun dari sekitar 9,1 juta orang pendeposit. Uang tersebut, diinvestasikan untuk perkebunan kelapa sawit.

"Tabung haji di Malaysia itu ditaruh di perkebunan, perkebunan itu masih ada risikonya, kebakar atau enggak keluar apanya ini, hasilnya, buahnya, bisa," terang Jokowi. 

Follow In Facebook