Rizieq Tersangka, Din Syamsudin : Hati-Hati, Kalau Penegak Hukum Tidak Berkeadilan Maka Akan Dilawan Rakyat

LIPUTPOLITIK - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin meminta agar proses hukum imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai tersangka harus dilandasi penegakan hukum yang adil.

"Etikanya, saya tidak mau menanggapi persoalan itu. Tapi hemat saya, diluruskan karena simpang-siurnya di pemberitaan. Dan penegakan hukum harus berkeadilan," kata Din kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (31/5).

Din pun meminta agar kepolisian tidak tebang pilih dan berhati-hati dalam melakukan proses hukum terhadap seluruh warga negara.

"Hati-hati lembaga penegak hukum, kalau tidak berkeadilan, baik karena tebang pilih atau karena ini bukan kawan tapi lawan, ini berbahaya. Tapi setiap warga negara harus siap menghadapi persoalan hukum," tegas Din.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu mengatakan jika penegak hukum tidak berlaku adil, kepercayaan masyarakat akan luntur.

"Saya normatif saja, kalau nggak berkeadilan, akan dilawan oleh rakyat. Itu yang akan melahirkan kehilangan kepercayaan. Kita tidak percaya lagi pada hukum dan akan membawa ketidakpatuhan untuk masyarakat," demikian Din.(rm)

Follow In Facebook