Beri saran untuk Kepolisian, Fadli Zon : Jangan Hukum itu Tajam ke Lawan dan Tumpul kepada Kawan

LIPUTPOLITIK - Aksi saling lapor di Polri menjadi fenomena. Terakhir, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dipolisikan Humas LSM Aliansi Anak Bangsa Gerakan Anti Penodaan Agama, Baharuzaman karena dianggap menghina telah menodai agama dalam ceramahnya saat peringatan HUT ke-44 PDI-P beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, semua proses yang ada di masyarakat maupun proses hukum harus dihargai. Namun, dia meminta agar pihak kepolisian lebih selektif menerima dan memproses laporan dari masyarakat.

"Saya kira di sinilah polisi harus bisa memilah-milah," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1).

Jika pihak kepolisian asal menerima laporan, akan menimbulkan persepsi negatif di masyarakat. "Karena kalau nanti ada satu atau dua yang dituntut, sementara yang ini tidak, orang akan melihat polisi tidak bersikap adil atau profesional," tegasnya.

Dengan kata lain, lanjut Fadli, kepolisian harus menerapkan keadilan dalam proses penegakkan hukum. "Jangan sampai ada perasaan bahwa hukum itu hanya tajam kepada lawan, dan tumpul kepada kawan. Ini sangat berbahaya," pungkas Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Follow In Facebook