Fadli Zon Menilai Jokowi Tidak Menganggap Jusuf Kalla Sebagai Wakil Presiden Tapi Sebagai Ban Serep


 
LIPUTPOLITIK - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan, dua tahun memimpin Indonesia, Presiden Joko Widodo tidak pernah menganggap Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden. Jokowi lebih menganggap Jusuf Kalla sebagai 'ban serep' alias dipakai saat ada masalah genting saja.

Padahal, lanjut Fadli, Jokowi harus bisa melakukan koordinasi dengan Jusuf Kalla dalam mengatasi persoalan bangsa.

"Pak JK seperti 'ban serep' saja gitu. Seperti tidak dipakai. Jokowi one man show di sana, one man show di sini. Pemerintahan ini bukan dwi tunggal, ini one man show, " kata Fadli di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Oleh karenanya tidak heran, ujar Fadli, saat ini masyarakat masih hidup dalam kesulitan. Sebab,  Jokowi tidak mampu menjadi pemimpin yang kuat untuk mengatur para pembantunya. Di tambah, lapangan kerja yang ada saat ini masih minim sehingga menimbulkan penurunan daya beli masyarakat.

"Kalau ditanya kepada masyarakat hidup makin mudah atau susah, rata-rata makin susah," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) menyatakan, indeks kemiskinan di Indonesia masih stagnan selama dua tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu terjadi karena kesempatan kerja masih luas dan merata.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan masih berada di angka 28 juta penduduk. Angka yang termasuk besar itu muncul karena pemerintah belum menyentuh sisi mikro untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Di tingkatan tersebut, pemerintah belum mampu membuka lapangan kerja. Akibatnya daya beli masyarakat tak dapat meningkat.

"Salah satu indikatornya yakni kesempatan kerja yang masih kurang, dan daya beli masyarakat masih lemah. Kalo dua hal ini terus tercabik-cabik, ini untuk loncat ke yang lain itu sangat sulit (situasi ekonomi yang lebih baik)," kata Direktur INDEF Enny Sri Hartati di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (20/10/2016).(ts)

Follow In Facebook